Cara Membuat Sabun Mandi Alami

Membuat Sabun Mandi itu gampang dan mangasyikkan. Apalagi yang alami lebih mudah lagi, karena bahan-bahan yang digunakan sebagian besar dapat anda beli dipasar atau supermarket di sekitar rumah anda. Kecuali Kaustik Soda, anda bisa membelinya di toko Kimia.
Sebelum anda mengikuti panduan cara membuat sabun mandi alami, anda perlu tahu bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sabun mandi. Bahan yang digunakan sebagian besar menggunakan minyak nabati seperti Minyak Kelapa, Minyak Sawit, Minyak Jarak, minyak Zaitun, minyak anggur, dsb. Lalu ada kaustuk Soda (NaOH), Air sulingan atau air murni (air biasa juga bisa digunakan asal tidak mengandung kaporit), Minyak Wangi, bahan tambahan seperti buah, sayur, bahan alami lainnya.

Ok, mari sekarang anda menyimak cara membuat sabun mandi alami dibawah ini : (Cara membuat sabun mandi alami dengan proses dingin)
  1. Siapkan alat yang digunakan untuk membuat sabun mandi alami seperti Spatula, Baskom plastik atau wadah stainless steel, kocokan rot/stik belnder, cetakan sabun (pralon, karton atau cetakan yang bisa dibeli), celemek, sarung tangan, kacamata pelindung mata.
  2. Bahan-bahan yang digunakan ditakar sesuai dengan resep sabun mandi yang akan dibuat.
  3. Takar Air terlebih dahulu (jika menggunakan bahan tambahan alami, kurangi jumlah air yang digunakan untuk kaustik soda), kemudian takar NaOH. Setelah ditakar, masukkan NaOH di air secara sedikit demi sedikit (jangan tuangkan air kedalam NaOH karena akan menimbulkan percikan-percikan yg berbahaya bagi kulit). Setelah itu tunggu 
  4. Setelah itu takar beberapa jenis minyak yang digunakan sesuai resep.
  5. Jika larutan kaustik soda telah memenuhi suhu yang dianjurkan (biasanya 5-6 derajat celcius skala termometer) maka tuangkan larutan NaOH ke dalam campuran minyak (jangan sebaliknya).Setelah itu diaduk-aduk bisa menggunakan kocokan roti atau kalau mau cepat bisa menggunakan stik blender sampai kondisi trace.
  6. Setelah mencapai kondisi trace tuangkan tambahan bahan alami (suka-suka anda, bisa kopi, susu, atau buah), sambil terus diaduk secara pelan lalu tambahkan pewangi. setelah itu tuangkan larutan sabun kedalam cetakan sabun mandi.
  7. Setelah itu diamkan sabun yang telah dituangkan dalam cetakan selama 24 - 48 jam. Setitu keluarkan dan potong sesuai kebutuhan. 
Mudah bukan cara membuat sabun mandi alami dari peralatan sederhana dan dapat dicari bahan-bahannya dengan mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar